Selasa, 11 Desember 2012

program diet sehat setelah melahirkan

Program Diet Sehat Setelah Melahirkan

Kesempurnaan menjadi seorang wanita akan dirasakan setelah mereka menikah dan melahirkan seorang anak. Setelah menjadi seorang ibu ada tantangan yang berat yang biasanya menjadi masalah bagi ibu setelah melahirkan. Selain merawat sang buah hati, biasanya masalah berat badan akan menjadi momok menakutkan yang mempengaruhi penampilan. Para ibu tentunya ingin mengembalikan bentuk tubuh idela mereka pasca melahirkan sang buah hati. Biasanya daerah-daerah tertentu pada tubuh akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran.
Perubahan ukuran itu akan terjadi pada bagian dada, perut, pinggul akan mengalami perubahan ukuran dan bertambah besar. Bagaimana cara melakukan diet sehat dan melakukan olahraga yang sesuai untuk mendukung proses pembentukan bentuk tubuh yang ideal? jangan terlalu bingung dengan cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Pastikan anda mengerti dan tau cara untuk melakukannya.
Proses diet seimbang
Pola diet sehat dan seimbang sangat disarankan untuk tetap dapat mengendalikan ukuran berat badan anda. Pastikan anda melakukan pola makan sehat dan teratur sesuai kadar dan porsinya. Janga terlalu sering mengkonsumsi makan yang tergolong makanan siap saji seperti mie instant, makan restoran dengan kadar lemak yang tinggi, serta minuman bersoda yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan pola diet sehat dan melakukan olahraga secara teratur, maka tubuh anda akan kembali kebentuk idealnya sekitar 3-6 bulan.
Program diet yang dilakukan oleh ibu menyusui pasca melahirkan haruslah mengutamakan dan memperhatikan kadar nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi selama melakukak proses diet untuk mengembalikan bentuk tubuhnya. Yang utama harus diperhatikan adalah kandungan nutrisi dan kandungan gizi yang lengkap serta seimbang dengan memerhatikan kadar kalorinya. Untuk persoalan makanan, haruslah memilih makan dengan kadar kalori yang rendah untuk melancarkan proses diet pasca melahirkan.
Kenapa demikian?
1. Kandungan gizi dalam makanan harus diperhatikan karena kelengkapan dan keseimbangan kadarnya dapat mempengaruhi produksi ASI yang akan dikonsumsi oleh bayi dalam masa pertumbuhannya. Makanan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas kandungan gizi dalam ASI yang akan berkurang kualitasnya.
2. Kalori makanan yang dikonsumsi haruslah rendah, karena biasanya selama proses kehamilan para ibu mengalami kenaikan berat badan dan terjadi penumpukan jumlah kalori yang cukup tinggi yang menyebabkan masalah pada berat badan.
Olahraga secara teratur
Banyak jenis olah raga yang dapat dilakukan oleh ibu setelah melahirkan untuk menurunkan berat badan mereka. Tidak perlu terlalu memikirkan jenis dan ragam olah raga di GYM. Kegiatan sehari-hari sebagai ibu mengurus anak seperti, memandikan atau menyuapi bayi sudah dapat menbuang kalori cukup banyak. Mengajak bayi anda berjalan-jalan dengan menggunakan kereta bayi pagi dan sore selama satu jam sudah dapat membakar kalori sekitar 200 kalori.
Untuk hasil maksimal yang akan dicapai dari program diet sehat yang dilakukan, haruslah disertai dengan kerja keras dan kesabaran dalam melakukan prosesnya. Lakukanlah diet pasca melahirkan tersebut dengan pola makan seimbang dan teratur dengan memperhatikan kadar nutrisi makanan yang di konsumsi jangan sampai mempengaruhi kualitas ASI dan kesehatan tubuh menjadi menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar