Selasa, 11 Desember 2012

seraangga tomcat:jadi musuh

Serangga Tomcat: Sahabat Jadi Musuh

Pada dasarnya serangga tomcat yang akhir-akhir ini menjadi perbicangan hangat akibat serangannya kepada manusia dan memiliki beberapa korban. Serangga tomcat ini sebelumnya adalah sahabat para petani karena membantu menyerang dan memakan hama padi lain yang merugikan para petani. Memang belum terdapat sebuah penelitian yang betul-betul membuktikan apakah serangga tomcat memiliki banyak keuntungan bagi para petani atau pembawa penyakit pada manusia.
Begitupula dengan keberadaanya, perlu diwaspadai bahaya yang dapat ditimbulkan serangga tomcat apabila bersentuhan dengan kulit manusia. Tindakan sederhana yang dapat kita lakukan adalah, mencegah serangga ini untuk masuk berkeliaran kedalam rumah kita. Tetapi dalam porsi sebagai sahabat para petani, kita sebagai manusia perlu tetap menjaga porsi populasi keberadaanya. Jangan melakukan tindakan yang dapat merugikan banyak pihak, terutama para petani yang konon terbantu dalam masalah pembasmian hama dengan keberadaan serangga tomcat.
Pencegahan Serangga Tomcat
Dengan posisi sebagai pembantu dalam proses pembasmian hama tanaman padi di sawah para petani, Serangga tomcat seharusnya dicegah perkembangannya bukan dibasmi keberadaanya. Dalam proses pencegahannya, kita dapat melakukan prosedur standard. Haldasar yang dapat dialakukan yaitu, membersihkan semak belukar yang ada disekitar perkampungan warga yang ditenagarai sebagai tempat berkembangbiaknya serangga tomcat yang kini mulai masuk kelingkungan perkampungan warga.
Dapat juga dilakukan pembuatan sanitasi yang baik dan representif. Pembersihan pekarangan rumah, semak-semak dan tanaman lain di sekitar rumah secara teratur dan berkala. Pada intinya kita harus menerapkan pola hidup sehat. Konon kabarnya, serangga tomcat adalah predator pembasmi yang menjadi pemusnah bagi hama wereng yang selalu menyerang lahan persawahan petani.
Tips Mencegah Serangga Tomcat
Serangga tomcat merupakan serangga yang dapat membahayakan manusia apabila terjadi kontak langsung dengan kulit manusia. Apabila bersentuhan denga serangga tersebut, maka kulit kita akan terasa sangat gatal akibat cairan beracun yang dikeluarkan. Serangga ini akan muncul pada saat matahari mulai terbenam.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan tomcat:
- Jika serangga tomcat menempel di kulit, harap jangan menggencetnya agar cairan racunya tidak keluar dan mengenai kulit.
- Masukkan tomcat kedalam plastik secara hati-hati dan buang ketempat aman.
- Hindari terkena tomcat pada permukaan kulit yang sudah luka.
- Meminimalkan adanya lubang yang menjadi celah masuknya tomcat kedalam rumah. tutp pintu rapat-rapat, dan jendela rumah di beri kasa nyamuk.
- Tidurlah menggunakan kelambu, untuk mencegah kontaminasi tomcat pada saat anda tidur.
- Beri jaring pada bagian bawah lampu pada saat jumlah serangga bertambah banyak, untuk mencegah serangga tersebut jatuh ke manusia.
- Jangan menggosokan kulit yang terkontaminasi racun tomcat ke mata anda.
- Singkirkan serangga tomcat secara hati-hati yang menempel di kulit dengan cara meniup atau dengan bantuan kertas untuk menyingkirkan serangga tersebut.
- Selalu memeriksa dinding dan langit-langit rumah anda lekat lampu sebelum tidur. Bila terdapat tomcat, semprot dengan racun serangga.
- Bila terjadi sentuhan kuli dengan tomcat, lakukan pembersihan kulit dengan basuhan air dan membersihkan dengan sabun atau cairan antiseptik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar